Senin, 09 Februari 2009

bab 4

Catatan Diskusi Mingguan Lab Teater Syahid

22 Januari 2009

Penyaji : Nur Alamsyah

Menjadikan Tubuh Ekspresif

Presentasi :

Ke-ekspresif-an tubuh adalah dengan memperluas ruang gerak bagian-bagian tubuh, dengan memperkuat otot-otot tubuh.

Alam:

Jika tubuh tidak terbiasa dilatih maka akan kesulitan dalam melakukan gerak-gerak tertentu –tidak memiliki fleksibelitas yang kuat.

Tubuh dengan otot yang kuat saja tidak menjadi jaminan untuk menjadi tubuh yang nyaman untuk bermain. (ex: binaragawan)

Kecelakaan kecil justru akan menjadi motifasi baik untuk terus mencoba dan bukan justru menghambat.

Penghayatan penting dalam melakukan aktifitas dan pelatihan tubuh; kesadaran fungsi pada tubuh perlu juga diperhatikan.

Kelenturan bukan sekedar terjadi tanpa pelatihan yang intens dan kontinu. Pelatihan yang terus-menerus menjadikan tubuh kita menahan dan mengembangkan kemampuan tubuh.

Pembahasan :

Stanislvski membandingkan antara pemain sirkus dan pemain balet. Membandingkan antara tubuh yang kekar dengan tubuh yang lentur dan kuat. Kaki pemain balet yang lentur dan kokoh.

Ozzy

Ekspresi adalah bagaimana memenyampaikan sesuatu. Ekspresi harus menyimbolakan satu hal tertentu.

Bang Eko

Dalam buku Stanislvski Membangun Tokoh dalam bab IV ini membicarakan tubuh.

Stanislavski menyatakan bahwa bagaimana seluruh tubuh berbicara, menyampaikan sosok tokoh yang dimaksud. Dan ternyata Stanis melirik Balet pada kelincahan kaki para penari.

Untuk di Indonesia pada masa kini, justru banyak bentuk kekayaan yang bisa digali dari budaya yang ada di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh beberapa grup kesenian seperti Bengkel teater Rendra dan teater Garasi dengan Bangau putih, dan koreografer Tom Ibnur dengan silat Randai.

Dimi

Untuk menggali emosi yang keluar, maka tubuh harus lebih ekspresif; semisal kelenturan tubuh untuk jembatan ekspresi.

Olive

Ekspresif adalah menyatakan perasaan dengan penuh.

Dalam buku ini Ekspresif adalah Menyatakan gagsan dengan proposional.

Kleng

Ekspresi adalah mengeluarkan emosi sesuatu dari dalam tubuh aktor; bisa berupa dialog gerak dan lain-lain.

Dan dalam pertunjukan, ekspresi dikeluarkan sesuai kebutuhan dengan pantauan sutradara / pelatih. Dan untuk mengekspresikan emosi maka tubuh harus dipersiapkan terlebih dahulu, agar bisa berekspresi dengan proporsional.

Lung

Dalam diskusi kali ini kata kuncinya adalah menjadikan, dengan memperluas ruang gerak tubuh. Jadi untuk menjadikan tubuh ekspresif maka seorang pemain harus melatih tubuhnya dengan cara salah satunya –dalam buku ini- memperluas ruang gerak seluruh bagian anggota tubuh. Dan ini memang membutuhkan latihan yang tidak sebentar.

Rika

Asal mula Balet adalah si-pencipta meng-angankan manusia seperti peri yang bisa terbang maka sedikit bagian kaki yang menyentuh tanah.

Kleng

Setanislvski menjadikan balet sebagai tawaran adalah bahwa balet melatih, mempelajari dan menjelajah setiap inti tubuh dengan detil.

Olive

Setanislavski pun mengkritisi tari balet semisal bahwa balet terlalu sentimentil, dan terlalu mengindah-indahkan gerakan. Stanislvski menjadikan balet sebagai acuan adalah pada kaki karena dalam balet kaki menjadi bagian yang menarik dan kuat.

Bang Eko

Bahwa balet adalah mencoba menjelajah setiap bagian tubuh, yang jadi pertanyaan adalah seperti apakah bentuk latihan yang dilakukan dalam tari balet. Apakah penjelajahan yang dilakukan adalah secara fisikal, atau serupa jiarah tubuh.

Mas Andi Bersama

Dalam Kubangan ada ekspresi tubuh yang bergetar.

Ada bentuk pembebasan tubuh sebagai salah satu bentuk pelatihan, salah satu bentuk tari bisa dijadikan sebagai latihan olah tubuh. Seperti Balet adalah salah satu tarian yang elegan dan berkembang di Eropa (Rusia) pada masanya maka ini menjadi salah satu yang dipakai sebagai latihan olah tubuh pada masa Stanislavski.

Latihan tubuh berhubungan dengan sensibilitas. Latihan yang terus menerus sangat perlu dilakukan dalam olah tubuh. Dan dalam latihan tubuh dengan bentuk tertentu bisa gunakan untuk membangun konsentrasi.

Kleng

Rusia adalah kulit putih yang memiliki riwayat tubuh yang serasagam, dan di Indonesia memiliki sejarah tubuh yang beragam. Adakah setandar tertentu yang proporsional untuk tubuh orang Indonesia yang beragam.

Mas Andi B

Harus disadari bahwa tubuh seperti belantara, keberagaman tubuh orang Indonesia menjadikan standar tersendiri untuk proposi tubuh.

Mas Andi Bersama

Standarisasi tubuh bisa dilihat dari sensibilitas yang dimiliki.

Kleng

Kaum urban dengan tubuh urban, dalam kota yang menutut keseragaman. Maka tubuh akan beradaptasi. Dan orang Indonesia memiliki unsur pleksibilitas yang bagus, sehingga cepat beradaptasi. Hal ini memiliki kekhawatiran ekspresi yang beragam ini menjadi seragam.

Aseng

Justru pleksibilitas tubuh menjadi kebanggaan untuk orang teater, bagaimana tubuh memiliki sensibilitas yang bagus. Ketika bisa memahami kondisi tubuh dengan baik maka akan sangat membantu ekspresi tubuh.

Dan untuk masyarakat urban maka hal pertama adalah menyediakan ruang kosong untuk melatih tubuh. Impresi bisa menjadi stimulus untuk satu bentuk ekspresi.

Keberagaman bentuk dasar orang Indonesia harus terus digali sebagai satu kekayaan yang dimiliki.

Sir Ilham

Bagaimana naluri purbawi menghadapi tantangan yang ada. Itu tidak perlu dikhawatirakan karena kepurbaan tubuh memiliki spirit yang akan bertahan dalam kondisi apapun. Dan dalam teater diyakini memiliki spirit, dan akan mereduksi yang bersifat keseragaman yang ada.

Sampai kapan pun teater memiliki spirit dan sesuatu yang memiliki spirit kuat akan menapikan sesuatu yang bersifat seragam. Dan dalam latihan selalu ada perubahan yang dilakukan. Teater memanusiakan manusia. Seperti dalam kerumunan tetap ada individu yang muncul secara nyata.

Tari, dalam hal ini Balet sebagai salah satu bentuk pelatihan untuk membentuk keragaman dalam tubuh memiliki metode dengan pencapaian yang beragam dimulai dari keseimbangan, kekuatan, kelenturan, konsentrasi, dan sebagainya. Dan ini memerlukan inner dan intuisi yang bersifat spiritualist.

Salah satu bentuk latihannya adalah akrobat yang langsung dihubungkan dengan titk dramatis pertunjukan. Latihan tubuh menjadi penting adalah untuk menjadikan tubuh menjadi lebih ekspresif.

Seorang akrobatik tidak bisa melepaskan konsentrasinya sedetik pun, dan ini dihubungkan dengan salah satu dialog Hamlet. Bagaiman seorang pemain penting melakukan latihan tubuh yang menjadikan kecelakaan kecil menjadikan seorang aktor ingin terus melakukan dan terus melakukan.

Mas Andi Bersama

Pernah melakukan latihan tubuh, yang bahkan jika latihan terus dilakukan dan terus maka akan bisa memprediksi seseorang yang akan datang ke tempat latihan. Dan jika terus dilakukan lebih intensif maka akan bisa mempresiksi siapakah yang seseorang yang akan datang. Latihan olah tubuh adalah latihan pemberdayaan.

Kleng

Apakah tubuh itu hanya kendaraan emosi sehingga emosi datang maka ia disalurkan atau tubuh itu adalah emosi itu sendiri.

Aseng

Tubuh adalah emosi itu sendiri. Impuls dari dalam akan menjadikan sesuatu guratan-guratan tertentu yang menjadikan tubuh lebih ekspresif. Contohnya adalah ketika ada tubuh yang diam tetap akan eda ekspresi yang terjadi contoh lain seperti petung yang diukir terlihat lebih hidup, atau orang yang sudah tua memiliki guratan yang sangat kuat diwajahnya dan itu menjadi sesuatu yang memperkuat ekspresi.

Dimi

Aktor dituntut untuk hidup dan tubuh tidak mati.

Alam

Akhirnya terimakasih untuk pengorbanan audiens dalam diskusi ini. Khususnya kepada Mas Andi Bersama untuk waktu yang disediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar